MAGANG DI BAPPEDA KOTA SEMARANG

MAGANG DI BAPPEDA KOTA SEMARANG




pic from LinkedIn


Hai I am back!
Akhirnya bisa berbagi cerita lagi, kali ini seputar pengalaman saya mengurus berkas-berkas persyaratan magang di BAPPEDA Kota Semarang setelah those ups and downs ( I will tell you why down below).

Jadi sebenernya saya dan teman-teman kelompok magang engga pernah kepikiran untuk magang di BAPPEDA Kota Semarang, karena kita awalnya pengen magang di KEMENDAGRI, tapi sayang seribu sayang dirjen yang kita pengenin udah penuh dan baru bisa terima anak magang lagi bulan September yang mana bulan September target kita udah harus selesai sama urusan magang dan tetebengek-_-
Mau engga mau kita harus puter otak deh cari instansi lain, awalnya anak-anak pengen di Jogja, kita telpon tuh instansinya tapi yang namanya belom rezeki, instansi yang kita pengenin udah pada penuh, sedih dong. Padahal kita rencana buat magang bulan Juli dan itu udah bulan Mei tapi kita masih belum dapet instansi yang kira-kira masih bisa terima anak magang buat bulan Juli.
Long story short, temen saya coba telpon BAPPEDA Kota Semarang, katanya disana masih bisa terima anak magang buat bulan Juli, tanpa pikir panjang kita mulai tuh urus-urus berkas dan surat-surat yang kesemuanya memakan waktu kurang lebih 2 mingguan. Karena universitas kita berada di Malang dan akan melakukan kegiatan magang di Kota Semarang, yang mana keduanya berada di provinsi  yang berbeda jadi kita harus mengurus surat rekomendasi KKN/Penelitian/Magang dari Kesbangpol Provinsi Jawa Timur yang nantinya kita gunakan untuk mendapatkan surat izin KKN/Penelitian/Magang dari Kesbangpol Jawa Tengah sebagai salah satu syarat untuk diserahkan ke BAPPEDA Kota Semarang, mau ga mau kita harus ke Surabaya dong.

Jadi berkas yang perlu diserahkan ke BAPPEDA Kota Semarang antara lain:
1)    Surat Izin KKN/Penelitian/Magang dari Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah (karena kita dari luar provinsi)
2)  Surat Pengantar Magang dari fakultas
3) Proposal
4) Fotocopy KTM

Semuanya dimasukkan ke amplop warna cokelat dan siap untuk dikirim. Oiya sebenernya bisa dikirim by fax tapi kita pilih kirim lewat POS. Proses dari pengiriman surat sampai permohonan magang kita di-ACC pun cukup singkat, kurang lebih semuanya membutuhkan waktu 2 minggu aja. Cakep deh!!
Oiya, kalau kita akan mengurus surat izin KKN/Penelitian/Magang dari Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah, yang dari luar kota engga usah khawatir karena surat izin tersebut bisa kita urus secara online loh. Kita cukup pergi ke website Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, proses mulai upload berkas-berkas yang udah di scanning sampai mereka kirim surat izin ke email kita cukup 2 hari aja. Gampang dan cepet banget! Jadi yang dari luar kota engga perlu datang ke Semarang lagi. I am happy!


Komentar

  1. Kalau mau magang di bappeda ,proposal sprti apa yg dibutuhkan ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo!
      Terima kasih sudah berkunjung dan maaf ya baru sempet balas.
      Proposalnya berisi rencana kegiatan magang aja sih aku kemarin ^^

      Hapus
  2. Mau tanya.. Ada ketentuan berapa lama waktu magang tidak ya di bappeda? Dan apakah jika ada keperluan mendadak apa bisa kita izin 1/2 hari untuk tidak magang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo!
      Saya kurang tahu ada ketentuan waktu magang/ tidak dari pihak BAPPEDA karena kemarin kami mengajukan waktu magang sesuai ketentuan dari fakultas; 1.5 bulan. Kemarin belum pernah izin tidak masuk selama magang, coba kalau jd magang disangka bisa izin ke kepala bidangnya.

      Hapus
  3. Hallo!
    untuk magang di BAPPEDA minimal telah menempuh semester berapa ya? dan kalau boleh tau kakaknya dulu magang di bagian apa? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi!
      Saya dulu magang waktu libur semester 6 (ketentuan dari fakultas). Saya dulu ditempatkan di bidang Perencanaan Perekonomian. Tapi teman2 saya yg lain ditempatkan di bidang berbeda (Perencanaan Tata Ruang Kota, Perencanaan Sosbud dan Evaluasi) karena saya dudulu magangnya kelompok ^^

      Hapus
  4. Utuk magang di bappeda ada tes masuknya enggak? Terus kegitan magangnya ngapain aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi! Enggak ada test masuk, hanya kirim berkas2 saja, kalo diterima nanti kita bakal dikabarin ya. Untuk kegiatannya sendiri mengikuti agenda di masing2 divisi, ada yang ikut rapat, ada yang turun ke lapangan, dll :)

      Hapus
  5. Kalau ekonomi pembangunan bagusnya di bidang apa ya kak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa di bisang Perencaan Perekonomian of course! :)

      Hapus
  6. Halo, kak! Saya ingin bertanya, kirakira jika jurusan hubungan internasional atau mungkin rekan kakak magang dari universitas lain jurusan hubungan internasional magang kira-kira berada di divisi mana ya kak? Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi! Kalo HI better magang di tempat yg banyak kerjasama dgn pihak luar ya. Tapi krn dulu ada projek penataan ulang kota lama jd ada interaksi dgn pihak dari Korea. Bisa di Perencanaan Wilayah maybe ya.

      Hapus
  7. Divisi yg sering ke lapangan, apa ya kk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi! Dulu teman saya yg di Perencanaan Wilayah Tata Kota sering turun ke lapangan.

      Hapus
  8. Halo kak, saya dari Ekonomi Pembangunan UB angkatan 2019 ingin bertanya-tanya lebih lanjut mengenai magang di BAPPEDA, apakah kakak ada contact person yang bisa dihubungi? Thankyou kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi! Bisa langsung klik link instagram saya di bio ya.

      Hapus
  9. hai kak, saya mau tanya. saya kan ada rencana magang di bappeda kab karawang. kebetulan saya bagian akuntansi. mungkin kakanya pernah tau pengalaman kalo dibagian keuangan bappeda seperti apa? terimakasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Kak, aku juga ada rencana untuk magang di Bappeda Kab. Karawang juga, aku mau tanya-tanya ke kakaknya boleh??

      Hapus
  10. halo kak, aku hamid mahasiswa Fakultas Geografi, UMS.
    untuk format proposalnya itu apakah buat sendiri atau dapat darimana ya? boleh minta format filenya tidak? formatnya aja. makasih kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah dari bappeda juga bisa memberikan sertifikat magang?

      Hapus

Posting Komentar