KIRIM PAKET POS KE LUAR NEGERI/TRACKING PAKET KE LUAR NEGERI

MENGIRIM DAN LACAK KIRIMAN POS KE LUAR NEGERI!


    Jadi ceritanya tanggal  17 Februari 2016 kemarin saya baru saja mengirim paket ke luar negeri tepatnya ke negara Jerman! Yup, saya kirim paket tersebut sebagai hadiah ulang tahun teman saya (padahal ulang tahunnya sudah lewat sih sebenarnya xD).
Berhubung karena sebelumnya belom pernah kirim paket ke luar jadi masih agak ragu kalau paketnya bakal gak sampai, sebelumnya saya juga sudah pernah sih kirim postcard ke Poland (2 poscard, 2 permen dan 1 keping uang logam 100 perak :D), kirimnya pake amplop tapi yang gak pakai prangko melainkan lewat RLN (surat terdaftar) jadi bisa dilacak dan syukurnya lagi sampai dalam waktu 15 hari aja.
 
Jadi saya browsing sana-sini dong tentang cara mengirim paket ke luar negeri soalnya saya kirimnya agak berbeda sama yang dulu, kalau yang sekarang lebih ke hadiah2 walau cuma kecil-kecilan, akhirnya saya tetep keukeuh kirimnya lewat kantor Pos, jadilah saya pergi ke Kantor Pos Pusat Kota Malang. Waktu sampai di loket, ditanya tentang isi paket lalu disuruh ke kantor bea cukai dulu (letaknya bersebelahan dengan kantor pos) setelah sampai di kantor bea cukai disana juga ditanya tentang isi paket dan suruh mengisi form ( alamat penerima, pengirim, isi paket, dll) lalu form tersebut dikasih ke saya yang mana nanti saya serahkan ke petugas loket beserta paketnya untuk selanjutnya diproses.

Waktu itu saya pilih kiriman paket biasa (RLN) yang mana kata petugasnya si paket bakal sampai antara 2 minggu sampai 1 bulan atau lebih, gapapa juga sih gak keburu-buru juga lagian tarifnya juga lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan kiriman paket cepat/kilat (EMS) yang bakal sampai antara 3-7 hari saja tapi tarifnya bisa 2 kali lipat *pelit mode-on* haha, paket saya kemarin habis Rp 160.500,00 (270gr) sudah termasuk HTNB (Rp 5.500)

Sudah 2 minggu ketika saya menulis postingan ini tetapi paket saya juga belom sampai-sampai *sabar, namanya juga dikirim pake yang paling murah :D* Akhirnya saya mencoba untuk melacak keberadaan paket saya, oh iya kita gak bisa melacak paket di website /http://www.posindonesia.co.id/ kalau paketnya sudah berada diluar Indonesia ya, jadi saya nemu salah satu tracking website yang bisa melacak keberadaan/status paket kita saat sudah keluar dari Indonesia ร  http://www.17track.net/en/ , jadi mulailah saya ketik No.Barcode kiriman saya (RR*********ID) dan muncul seperti ini:




Well, paket saya statusnya "in transit" gatau deh lagi transit dimana juga XD, intinya saya masih sabar menunggu sampai paketan saya diterima oleh temen saya disana~~

UPDATE: Jadi tanggal 14 Maret 2016 paket saya sudah sampai dong ke temen saya itu! Total waktu yang diperlukan untuk pengiriman paket biasa (RNL) yaitu 26 hari!





Komentar

  1. Balasan
    1. Sy ada pesan brg dr indonesia.utk ke mlsyia tp dah 16 hr tak sampai jg.sy nak cek tp ownernya tak bgi no tracking.

      Hapus
  2. mau tanya nih, kalau paketnya berupa surat ga dicek ya isinya sama petugas pos?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo!
      Kalau untuk surat sepertinya tidak di cek ya. Hanya ditanya isi paket sasaja.

      Hapus
  3. Saya juga kirim paket ke USA tgl 15 jan kemarin sampe sekarang blm sampe, dan tulisannya persis kaya gitu di 17track, ini beneran nyampe kan ya?soalnya saya udh telp kantor pos jkt jg dia bilang udh dikirim. Saya ngirim ke korea 20hari sampe, ini agak" was was soalnya jauh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo! Terima kasih sudah berkunjung.
      Kalau boleh tahu saat mengirim paket menggunakan RLN / EMS ya ?๐Ÿ˜ƒ
      Kalau saya sampai kok ditemen saya itu meskipun lama.
      Harusnya sih sampai ya, soalnya RLN/ EMS kan terdaftar paketnya. Saya belum pernah mengirim paket ke USA, tapi denger2 kalo kirim ke sana memang terkenal lama.

      Hapus
    2. Sy order brg dr indonesia ke mlsyia pakai RLN.dah 3mggu lbh tak sampai jg.mohon sy mnta no yg blh di hbgi.atau no office.tq

      Hapus
  4. Bermanfaat banget tulisannya, Mbak. Kapan-kapan saya coba. :D

    Omong2, saya mau tanya, memangnya boleh mengirim uang logam/koin lewat pos ya, Mbak? Soalnya saya pengin barteran sama temen di luar gitu, tapi kok pas baca di posindo katanya nggak boleh, jadi bingung duh. :"D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo! Terima kasih sudah berkunjung.
      Wah, saya sebenarnya kurang tahu tentang peraturan itu, mbak. Tapi saya pernah memasukkan uang perak 100 (saya pilih perak karena lebih ringan daripada logam) waktu kirim postcard beserta permen (saya pakai amplop coklat) hahaha. Untungnya lagi lolos ^^d

      Hapus
  5. Mba, saya mau kirim uang logam ke amerika,, apa gak ditahan yah itu uang,, atau gimana caranya agar uang logam yg saya pengen kirim gak disita sama beacukai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo!
      Terima kasih sudah mampir. Wah saya kurang tahu ya mas. Tapi komentar diatas ada yang bilang kalo gak boleh kirim uang logam lewat pos. Untung2an mungkin ya. Ini sudah coba kirim ke Amerika kah? Gimana? :D

      Hapus
  6. Mba, saya mau kirim uang logam dan beberapa lembar uang kertas ke ukraina sebagai souvenir, bisa atau tidak ya?,, atau gimana caranya agar uang logam yg saya pengen kirim gak disita sama beacukai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo!
      Terima kasih sudah mampir.
      Untuk lebih jelasnya bisa ditanyakan langsung ke pihak posindo ya. Karena saya kemarin hanya kirim 1 uang logam 100 perak dan itu pun saya hanya iseng menyelipkan. Untung2an kali ya kalau lolos dari beacukai :)

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Mbak saya sudah coba tanya ke semua pos katanya ga bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo! Terima kasih sudah mampir.
      Btw, apanya yg ga bisa ya? Kirim uang logam lewat kantor pos kah?
      Mungkin itu untung2an saja kali ya kalo lolos hihihiw :D

      Hapus
  9. Hallo kk , sy mau kacak paket Ke luar negeri bagaimana ya? krn sy sudah kirim dr tgl 3 agustus tapi blum sampai Belfast , apakah ada solusi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo! Terima kasih sudah mampir.
      Kira2 kirim paketnya melalui apa ya? kalau lewat Pos Indonesia selama paket itu dikirim dalam lokal (dalam negeri bisa dilacak melalui website /http://www.posindonesia.co.id/ ya. Kalau kirim ke luar mungkin bisa coba dilacak melalui situs website yang sudah saya tulis diatas: http://www.17track.net/en/ , nanti tinggal tulis nomor resinya saja :)

      Hapus
  10. RLN itu untuk surat aja apa bisa barang ya? Trus bisa gak ya kalau kirim dari kantor cabang aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. RLN bukan untuk surat saja kok :) Seharusnya bisa kalo dari kantor cabang tapi saran saya mending dikirim dari kantor pos pusat sekalian :D

      Hapus
  11. ั•aya ฤธฮนrฮนะผ paฤธeั‚ ฤธeะฝaะผะฒฯ…rg ะฝaะผpฮนr 3 ะผฮนnggฯ… ะฒlะผ ั•aะผpaฮน2 jg vฮนa poั• ะผana ะผaะฝal ะฒฮนayany. pdะฝl eั•ั‚ฮนะผaั•ฮน 9ะฝr ฤธั‚ pegawaฮน poั•. ั‚ฮนap ะฝarฮน ngelacaฤธ ะฒlะผ jg ad ฤธะฒr ะฒaฮนฤธ. pd aฤธะฝฮนrny ะผalaะผ ฮนnฮน ะฝaั•ฮนl lacaฤธ ฯ…nั•ฯ…cceั•า“ฯ…ll. ะฝฮนฤธั• gะผn ั•ฮนะฝ? pengen ั•edฮนะฝ ฯ…d nganั‚ฯ…ฤธ.. gะผn carany paฤธeั‚ ฮนั‚ฯ… ะฒฮนar ั•aะผpaฮน ฤธe alะผั‚ ั‚ะผn ั•aya ya pdะฝl ฯ…d dฮนgerะผan. ั‚lng ะฒanั‚ฯ… donฤธ ๐Ÿ˜•

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo! Terima kasih sudah mampir.
      Kalau boleh tahu kemarin paketnya dikirim pakai EMS/ RLN? :)
      Setau saya estimasi pengiriman menggunakan EMS lebih cepat dari RLN.
      Apakah trackingnya hanya melalui website pos indo?
      Kalau pengiriman keluar negeri memang agak lama pake pos, sabar ya :)
      Jika memang masih ragu mungkin bisa menghubungi cs kantor pos tempat pengiriman kemarin ^^

      Hapus
  12. Halo kak.
    Pernah kirim surat pakai perangko ke luar negeri ngga? Kalo pernah, ke mana dan sampainya berapa lama?
    Thanks!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo!
      Terima kasih sudah mampir.
      Saya belom pernah kirim surat/ dokumen/ paket pakai perangko. Hehehe. Maaf ya belom bisa berbagi pengalaman :)

      Hapus
  13. Saya kirim paket ke Pakistan dari tgl 5 November 2018 pakai RLN.sebelumnya saya sudah pernah mengirim juga pake RLN cuma 9 hari sampe tapi sekarang , sampai saat ini status nya masih tetap JAKARTA MAIL CENTRE.. apakah berarti paketnya masih ada di Indonesia? Putus asa bgt padahal saya bayar 3 ratus ribuan lebih untuk RLN .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello!
      Terima kasih sudah mampir.
      Kakak tracking nya lewat mana kalo boleh tahu?๐Ÿ˜ƒ
      Kalo masih ragu dengan keberadaan / status paketnya coba hubungi cs pos Indonesia saja ya kak . Inshaallah kalo pakai surat terdaftar pasti sampai kok :)

      Hapus
  14. Saya ngrim barang dari indonesia ke malaysia kok belon sampe ya

    BalasHapus
  15. saya udah coba webnya untuk cek resi pengiriman dari bandung jerman tapi kenapa tulisannya ‘info unavailable, we can’t identified your number yet’ ya padahal saya sudah memasukkan no resi dengan benar

    BalasHapus
  16. mbak, kalo RLN itu paketnya langsung ke rumah penerima? atau diambil di kantor pos indonesia cabang Luar negeri ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya diantar sampai rumah penerima :)

      Hapus
  17. Assalamualaikum ayu mau tanya nih tgl 13 kmrn saya kirim paket ke Malaysia pke RLN tapi pas sy cek di www.posindonesia.co.id koq dibilang no barcode tidak terdaftar. Padahal nomornya udah benar. Bisa tolong bantu? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam. Mungkin paketnya sudah berada diluar Indonesia jadi tidak bisa ditracking melalui website www.posindonesia.co.id, coba cek melalui alamat berikut http://www.17track.net/en/ , nanti tinggal tulis nomor resinya saja :)

      Hapus
  18. Kalo mai kirim paket isinya uang coin seperti 500perak bis ake luar negri seperti canada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo!
      Kalo kirim paket uang koin saja mending jangan ya, diatas ada yang bilang katanya ngga boleh. Saya dulu iseng nyelipin disela2 paketan yg lain hehe

      Hapus
  19. Assalamu'alaykum, terimakasi infonya bermanfaat banget mbak (:
    btw saya juga lagi ngirim paket RLN pakai e-packet (layanan baru tp sama kek RLN) ke jepang dari 4 juni kemarin sebelum lebaran, mau tanya dong mbak itu paket ke jermannya bakal sampai di kediaman teman mbak disana atau temennya mbak ngambil di kantor pos? soalnya kemarin aku tanya sm mba2 loket pos nya nnti kl sudah sampai di negara tujuan pihak penerima bakal dihubungi pihak pos jepang buat ngambil paketnya, auto gagal surprise dong :') oiya aku tulis nomor telpon indo dong di paketku huhu sedih kl memang kudu dihubungi dulu pihak penerimanya takutku gabisa dihubungi karena yg kucantumin nomor indo nya dia, gaada nomor jepang2nya :(
    makasihh mbakk tolong pencerahannya ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'aliakumsalam.
      Waktu saya kirim ke teman saya ini paketnya diantar ke rumah ybs pada tahun tsb. Tetapi beberapa bulan yang lalu saya kirim paket ke Jerman dan ternyata teman saya harus mengambil paketnya di kantor pos terdekat dari rumahnya. Jadi dia harus pick up sendiri dan ditanya2 mengenai isi paketannya juga hehehe

      Hapus
  20. Ka tadi di bis ada barang yang tertinggal ga

    BalasHapus
  21. Terima kasih atas infonya, sangat bermanfaat. Tapi saya masih bingung perbedaan RLN dengan e-Packet LP APP, estimasi waktu nya sama tetapi harganya jauh berbeda. Perbedaannya apa ya dan lebih baik pakai yang mana untuk pengiriman lebih cepat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo!
      Wah maaf ya saya baru tahu kalo sekarang ada layanan e-packet LP APP.
      Dulu hanya RLN dan EMS saja, beda harga dan estimasi waktu deliverynya. Kalo ingin cepat bisa pakai EMS, tapi coba tanyakan ke petugas loket untuk informasi lebih jelasnya.

      Hapus
  22. Mbak. Mohon infonya cara kirim Kratom keluar negeri lewat POs

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo!
      Maaf, kratom itu apa ya mas? Apakah itu jenis tanaman? Kalo iya, setahu saya mengirim/ menerima jenis tanaman ke luar/ dari luar negeri itu dilarang dan harus ada surat izinnya terlebih dahulu. CMIIW.

      Hapus
  23. lewat los gak bisa kirim cincin perak sebagai gift ke luar negeri ya? ada yang pernah kirim gak? lewat expedisi apa gti biar bisa,cuma cincin saja loh ๐Ÿ˜๐Ÿ˜…๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  24. Boleh tidak kirim uang koin ke luar negeri?

    BalasHapus
  25. selain kantor pos indonesia, bisa tidak menggunakan jasa pengiriman seperti JNT DAN JNE

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo! Kurang tahu ya untuk 2 ekspedisi tsb. Mungkin bisa opsi lain kayak FedEx .

      Hapus
  26. Masih akt8f ga ya blog nya?
    Mba waktu kirim paket butuh waktu berapa lama buat bisa di cek resinya ya?
    Soalnya saya kirim paket ke jepang tapi resinya gabisa dilacak. Keterangannya unavailable terus

    BalasHapus

Posting Komentar