STRATEGI SUKSES UJIAN NASIONAL dan RENCANA SETELAH LULUS UN 2014


STRATEGI SUKSES UJIAN NASIONAL dan RENCANA SETELAH LULUS UN 2014

        Ujian nasional ? Ya. Sebentar lagi tepatnya bulan April tanggal 14, InshAllah jika tidak ada halangan kami (murid kelas XII) akan melaksanakan UN. Tinggal menghitung hari dan tentunya persiapan – persiapan itu yang sedang dilakukan, berikut kiat – kiat apa saja yang menjadi “moodbuster” untuk diri saya untuk menghadapi UN dan mau kemana kah setelah LULUS nanti ? Amin :

~Belajar
Yap. Belajar sudah pasti menjadi kunci utama. Dengan belajar InshAllah kita bisa mengingat pelajaran yang pernah disampaikan.

~Mereview Pelajaran dari Kelas X sampai XII
Tentunya UN tak lepas dari materi saat kita duduk dikelas X dulu, sedikit – sedikit tentunya kita sudah harus tahu materi apa saja yang akan diujikan. Sebagai murid IPS, dari awal masuk penjurusan semua buku yang berkaitan dengan pelajaran IPS seperti Ekonomi, Geografi, Sosiologi, dll sudah saja sisihkan terlebih dahulu, dengan tujuan agar tidak perlu pinjam kesana – kemari saat akan ujian seperti sekarang ini.

~Latihan Soal – Soal
Jangan bosan untuk mengerjakan soal – soal latihan yang bapak / ibu guru berikan kepada kita. Itu tujuannya juga baik kok, walau terkadang sempat bosan juga karena 1 mata pelajaran saja kita ada 4 – 6 paket soal. XD *Jangan ditiru*

~Berdo’a
Do’a. 3 kata singkat tetapi manfaatnya sangat luar biasa. Kita bisa berdo’a ketika selesai shollat atau pun sebelum / sesudah mengerjakan soal. Sebaiknya kita tidak menyepelekan do’a, karena kenyataan yang saya lihat disekeliling, mereka yang sedang berdo’a didalam kelas masih banyak yang tidak “serius”. 

~Perbanyak Ibadah
Misalnya dengan menjalankan shollat 5 waktu karena Allah Ta’ala, menambah ibadah sunnah yang selama ini dilupakan, ( puasa senin & kamis, dhuha, atau pun tahajud) tapi ingat jangan melakukan itu semua hanya karena akan menghadapi UN, tapi ikhlas lillahi ta’ala, InshAllah Allah akan memberikan yang terbaik untuk diri sendiri, serta kawan seangkatan semua.

          Diatas sudah saya paparkan tentang kiat – kiat SUKSES UN 2014 yang sedang saya lakukan, InshAllah. Oiya, teman – teman pasti penasaran, mau kemana toh setelah LULUS – Amin- nanti ? Sudah pasti jawabannya -Kuliah.- Tapi eitsss ada kebimbangan sendiri bagi saya, berikut akan saya jabarkan :
1.     Kuliah
Tentu. Kuliah pasti menjadi impian semua orang yang telah LULUS dari SMA, begitu pun dengan saya. Selama orang tua mendukung, saya akan melanjutkan atas dasar keinginan sendiri serta karena orangtua.
2.    Memilih Prodi yang Tepat
Yap. Kenapa saya katakan memilih prodi yang tepat ? Saya gak mau kalau sampai saya salah jurusan saat kuliah nanti –saya pernah salah ambil keputusan saat penjurusan diSMA, dulu masuk IPA dan beralih ke IPS-. *Jangan ditiru* Karena kalau kuliah sampai salah jurusan, bisa – bisa IP kita anjlok dan gak sesuai harapan. Sayangkan. Padahal kuliah itu yang kita cari sebenarnya IP nya.  Misalnya saja, si X pintar bidang sastra, tetapi karena dia menganggap lulusan sastra mau jadi apa ? Akhirnya dia beralih ambil jurusan Ilmu Hukum yang menurutnya mempunyai prospek kerja bagus dimasa depan. Tetapi, saat kuliah minatnya akan terlihat, dia tak ada “passion”  sama sekali dengan Hukum, yang ada hari – harinya akan dikejar dengan bayangan “cepat selesai – cepat selesai” “membosankan” “spaneng” dll, jadilah dia tidak konsen dan membuat kuliahnya berantakan.
Well, itu lah yang saya alami :’) maksutnya saya suka sastra, di SASING lah passion saya temukan. Tetapi seperti pencitraan yang saya ungkapkan diatas, saya tambah galau sodara – sodara. Hahaha :D *abaikan*
FE. Iya FE menjadi keputusan final saya, InshAllah kalau Allah mengizinkan saya akan mendalami segala sesuatu yang ada di FE. Targetnya Ekonomi Islam, Manajemen, dan Administrasi Perpajakan. Amin Ya Rabb :’)
Kalau untuk universitas, saya sudah ada gambaran yang memiliki prodi diatas. Target pertama PTN. Amin. Jikala tidak Luar Negeri pun jadi ( PTS ) lol :D
Sukses untuk siswa/i kelas XII yang akan menghadapi UN pada tanggal 14 April 2014 nanti. Ucapkan kata “LULUS” bersama – sama ! Itu akan menjadi saksi bisu perjuangan kita ! *Colek anak Exsotiggg*



Komentar